PROFILE


Sejarah Lembaga

Pusat Layanan Psikologi (PLP) merupakan lembaga non struktural dan semi otonom yang dikelola secara profesional sebagai wadah pelatihan dan pengembangan wawasan dan keterampilan bidang psikologi bagi para dosen, alumni, dan mahasiswa psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. PLP didirikan berdasarkan SK Dekan Fakultas Psikologi Nomor 45 Tahun 2009 tertanggal 7 September 2009. Ketetapan tersebut diikuti dengan struktur organisasi dan susunan personalia PLP.

PLP merupakan ‘metamorfosis’ dari Badan Pelayanan dan Inovasi Psikologi (BPIP). BPIP berfungsi untuk melayani masyarakat dalam rangka memperluas dan mengembangkan ilmu psikologi. Kegiatan BPIP dilakukan satu atap dengan fakultas psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kemudian lambat laun, dengan tujuan untuk pengembangan, efesiensi dan efektivitas pencapaian visi dan misi dari fakultas psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta maka BPIP merubah nama menjadi PLP. 

Sebagai lembaga semi otonom, pengelolaan PLP berpijak pada prinsip kemandirian dalam cash flow (segala pembiayaan). Sebagai konsekuensinya, PLP merupakan unit semi profit dalam menjalankan visi misinya. Dikatakan profit karena berdirinya PLP bertujuan untuk kesejahteraan dosen dan karyawan, dan dikatakan semi karena keberadaannya mendukung kegiatan fakultas psikologi, sebagai laboratorium dan lembaga pengabdian kepada masyarakat yang mensubsidi silang untuk klien-klien “sosial”. Visi Menjadikan PLP sebagai pusat layanan unggulan (center of excellent service) dalam memberikan pelayanan di bidang psikologi yang intergratif di Indonesia, dengan memadukan unsur-unsur intelektual, emosional, sosial dan spiritual.  

Misi  
  • Menjadikan PLP sebagai mitra yang profesional dan amanah dalam mengatasi permasalahan psikologis.
  • Melakukan inovasi yang berkesinambungan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat.
  • Mengembangkan jejaring dan kemitraan dalam lingkup nasional dan internasional.
Keunikan 

Berkenaan dengan tes psikologi, hampir semua lembaga psikologi memiliki standard operating procedure (SOP) dan alat tes psikologi yang hampir sama, namun masing-masing lembaga layanan psikologi memiliki keunikan tersendiri. Keunikan yang dimiliki Pusat Layanan Psikologi Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yaitu:


  • Sebelum melakukan tes, tim psikolog terlebih dahulu menentukan alat tes, apakah diambil dari alat tes yang sudah baku atau ada yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
  • Dalam konseling, banyak dikombinasikan dengan pendekatan religius, sebab problem orang Timur lazimnya tidak terlepas dari solusi religius.
  • Dengan software yang PLP miliki, hasil tes psikologi ini memiliki keunikan karena PLP melakukan validasi data dan perengkingan antara satu peserta dengan peserta yang lain pasti berbeda. Model validasi seperti itu jarang dilakukan oleh lembaga layanan psikologi di tempat lain.
 Tagline


Helpful
Innovative
Professional


PLP memiliki kesediaan yang tinggi untuk menolong dan membantu, yang didorong oleh kemampuan untuk mengutamakan kepentingan publik.



PLP berinovasi dalam pengembangan-pengembangan alat tes yang dapat mendukung layanan assesment agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien.


PLP menawarkan biaya yang terjangkau, namun tetap menjaga kualitas dan profesionalitas dalam memberikan jasa pelayanan.



2 komentar:

  1. Halo PLP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Saya mau bertanya. Untuk sekali konselling dengan psikolog PLP berapa yah biayanya? Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Untuk info seputar konseling atau layanan lainnya silakan bisa menghubungi ke no kontak kami..
    Terima kasih

    BalasHapus