Sejarah Lembaga
Pusat Layanan
Psikologi (PLP) merupakan lembaga non struktural dan semi otonom yang dikelola
secara profesional sebagai wadah pelatihan dan pengembangan wawasan dan
keterampilan bidang psikologi bagi para dosen, alumni, dan mahasiswa psikologi
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. PLP didirikan berdasarkan SK Dekan Fakultas
Psikologi Nomor 45 Tahun 2009 tertanggal 7 September 2009. Ketetapan tersebut
diikuti dengan struktur organisasi dan susunan personalia PLP.
PLP merupakan ‘metamorfosis’ dari Badan Pelayanan dan Inovasi Psikologi
(BPIP). BPIP berfungsi untuk melayani masyarakat dalam rangka memperluas dan
mengembangkan ilmu psikologi. Kegiatan BPIP dilakukan satu atap dengan fakultas
psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kemudian lambat laun, dengan tujuan
untuk pengembangan, efesiensi dan efektivitas pencapaian visi dan misi dari
fakultas psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta maka BPIP merubah nama
menjadi PLP.
Sebagai
lembaga semi otonom, pengelolaan PLP berpijak pada prinsip kemandirian dalam cash flow (segala pembiayaan). Sebagai
konsekuensinya, PLP merupakan unit semi profit dalam menjalankan visi misinya.
Dikatakan profit karena berdirinya PLP bertujuan untuk kesejahteraan dosen dan
karyawan, dan dikatakan semi karena keberadaannya mendukung kegiatan fakultas
psikologi, sebagai laboratorium dan lembaga pengabdian kepada masyarakat yang
mensubsidi silang untuk klien-klien “sosial”.
Visi
Menjadikan PLP sebagai pusat layanan unggulan (center of excellent service) dalam memberikan pelayanan di bidang
psikologi yang intergratif di Indonesia, dengan memadukan unsur-unsur
intelektual, emosional, sosial dan spiritual.
Misi
- Menjadikan PLP sebagai mitra yang profesional dan amanah dalam mengatasi permasalahan psikologis.
- Melakukan inovasi yang berkesinambungan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan masyarakat.
- Mengembangkan jejaring dan kemitraan dalam lingkup nasional dan internasional.
Berkenaan dengan tes
psikologi, hampir semua lembaga psikologi memiliki
standard operating procedure (SOP)
dan alat tes psikologi yang hampir sama, namun masing-masing lembaga layanan
psikologi memiliki keunikan tersendiri. Keunikan yang dimiliki Pusat Layanan
Psikologi Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yaitu:
- Sebelum melakukan tes, tim psikolog terlebih dahulu menentukan alat tes, apakah diambil dari alat tes yang sudah baku atau ada yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
- Dalam konseling, banyak dikombinasikan dengan pendekatan religius, sebab problem orang Timur lazimnya tidak terlepas dari solusi religius.
- Dengan software yang PLP miliki, hasil tes psikologi ini memiliki keunikan karena PLP melakukan validasi data dan perengkingan antara satu peserta dengan peserta yang lain pasti berbeda. Model validasi seperti itu jarang dilakukan oleh lembaga layanan psikologi di tempat lain.
Helpful
|
Innovative
|
Professional
|
PLP memiliki kesediaan
yang tinggi untuk menolong dan membantu, yang didorong oleh kemampuan untuk
mengutamakan kepentingan publik.
|
PLP berinovasi
dalam pengembangan-pengembangan alat tes yang dapat mendukung layanan
assesment agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien.
|
PLP menawarkan
biaya yang terjangkau, namun tetap menjaga kualitas
dan profesionalitas dalam memberikan jasa pelayanan.
|
Halo PLP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Saya mau bertanya. Untuk sekali konselling dengan psikolog PLP berapa yah biayanya? Terima kasih.
BalasHapusUntuk info seputar konseling atau layanan lainnya silakan bisa menghubungi ke no kontak kami..
BalasHapusTerima kasih